Teknologi Pesawat Terbang Tercepat Di Dunia

Oktober 18, 2015
Jika mendengar kata TEKNOLOGI. Apa yang terlintas difikiran anda? Pastinya sebuah alat yang bisa memudahkan manusia dalam segala urusannya. Nyatanya, arti kata Teknologi sebenarnya adalah sebuah sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia. Sekarang ini sudah banyak teknologi yang berkembang di dunia, dan pastinya anda sudah menikmati itu semua. Saat ini kehidupan manusia sudah sangat tergantung dengan yang namanya teknologi mulai dari hal yang sederhana sampai hal yang kompleks sekalipun.

Scramjet merupakan konsep teknologi pesawat terbang tercepat di dunia dan akan menjadi revolusi terbesar dalam sejarah transportasi penerbangan di dunia. Pesawat ini akan dirancang untuk penerbangan di masa depan. Tetapi untuk saat ini pesawat ini belum untuk pesawat komersil, melainkan untuk pesawat tempur. Negara di dunia yang sedang melakukan konsep dari pesawat ini adalah Amerika Serikat. Amerika Serikat menerapkan konsep dari Scramjet ini pada pesawat tempur F/A 22 Raptor.

Kecepatan dari pesawat Scramjet ini tidak bisa diremehkan. Pesawat ini bisa mencapai kecepatan lebih dari dua kali kecepatan suara. Bahan bakar yang dipakai dari pesawat super cepat ini adalah hidrogen cair yang dicampur dengan penyedotan oksigen langsung dari atmosfer (air-breathing scramjet engine). Pembakaran hidrogen dan oksigen pada kecepatan supersonik inilah yang akan mengakselerasikan kecepatannya. Jadi pesawat ini tidak membutuhkan dan memakai bahan bakar roket yang mahal dan berat.

Scramjet memiliki mesin yang berjenis jenis mesin jet, bukan mesin roket sehingga pesawat ini tidak perlu membawa bahan bakar oksigen. Dengan kelebihan ini, scramjet akan membawa beban yang lebih ringan dan tentu saja bergeraknya bisa menjadi lebih cepat. Selain itu ruang angkutnya pun akan lebih lapang dan luas sehingga akan bisa membawa penumpang lebih banyak.

Untuk konsep pesawat penumpang atau komersil, pesawat ini di rancang mampu membawa penumpang hingga 200 orang. Perjalanan yang jauh dan bisa melelahkan tidak akan berlaku untuk pesawat ini. Karena dengan pesawat yang memiliki kecepatan tinggit ini akan dikonsep bisa membawa terbang dari New York menuju Tokyo hanya dalam waktu 120 menit. Yang biasanya pada kecepatan biasa atau untuk saat ini bisa di tempuh hingga 18 jam.

Kelebihan lainnya dari scramjet ini adalah kecepatan yang lebih tinggi bisa berarti akses murah ke luar angkasa di masa depan. Selain terbang ke angkasa juga bisa melayani penerbangan antar negara yang jaraknya sangat jauh. Scramjet juga memiliki dorongan yang lebih tinggi spesifik (perubahan momentum per unit propelan) daripada mesin konvensional atau jet biasa, yang bisa menyediakan antara 1000 dan 4000 detik, sementara roket hanya menyediakan 600 detik atau kurang

Teknologi memang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan hidup manusia, akan tetapi bukan berarti kita menjadi sangat bergantung pada teknologi tersebut. Sebenarnya manfaat terknologi adalah untuk meningkatkan taraf dan kualitas peradaban manusia di bumi ke tingkat yang lebih baik. Oleh karena itu, harus dilandasi dengan pemikiran yang kuat agar kedepannya tidak merugikan manusia itu sendiri.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar